Kamis, 28 Maret 2013

Rangkuman T.I.K Bab 3 kelas 9

Bab 3 Akses Kecepatan Internet



BAB 3

UKURAN KECEPATAN AKSES INTERNET

1. Pengertian kecepatan akses internet: adalah kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu media tertentu dalam satu detik. Bit adalah binary digit yaitu satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 dan 1. Byte adalah sekumpulan bit yang mempresentasikan sebuah karakter tunggal. 1 byte=8 bit. 1 Kilo Byte=1024 bit.

2. Satuan kecepatan akses internet: adalah bit per sekon, disingkat bps. Umumnya kecepatan akses internet adalah kbps (kilo bit per sekon)

3. Perhitungan kecepatan akses internet, 1.000 bit/s= 1 kbps, 1.000.000 bit/s=1 Mbps. 1.000.000.000 bit/s=1 Gbit/s=Gbps. Kecepatan akses internet dial up di Indonesia rata-rata 56 kbps. Kecepatan transfer data tanpa kabel (wireless) 2,4 Ghz adalah 2 Mbps, sedangkan kecepaan switch standar adalah 100 Mbps.


4. Kecepatan akses internet untuk beberapa peralatan:
I. Audio
- 8 kbit/s-kwalitas telepon
- 32 kbit/s- kwalitas medium wave (MW)
- 96 kbit/s- kwalitas FM
- 128 kbit/s- kwalitas CD
- 1,4 Mbit/s- kwalitas CD dengan teknologi CDDA
II. Video
- 16 kbit/s- kwalitas video phone
- 128 kbit/s- kwalitas video conferencing
- 1 Mbit/s- kwalitas VHS
- 5 Mbit/s- kwalitas DVD
- 10 Mbit/s- kwalitas HDTV

5. Beberapa istilah terkait dengan akses internet:
Download : kegiatan menyalin data/file/aplikasi dari sebuah computer yang
terhubung dalam sebuah jaringan internet ke computer lokal
Upload : kebalikan dari istilah download, yaitukegiatan
menyalin/menyimpan data/file/aplikasi dari computer lokal ke
internet (server)
Downstream : kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan
download dengan kecepatan maksimum 384/512 kbps
Upstream : kecepatan aliran data ketika pelangan melakukan upload dengan
kecepatan maksimum sampa dengan 64 kbps

6. Faktror –faktor yang mempengaruhi kecepaan akses internet:
1. Unit Komputer.
Meliputi hardisk dan RAM, parameter untuk menentukan performa dari hardisk adalah:
- Data rate: jumlah bit perdetik yang dapat diantarkan ke CPU
- Seek time: selang waktu yang diperlukan CPU merequest sebuah file .
2. saat bit pertama trerkirim ke CPU
1. Jenis modem: satuan kecepatan transfer kbps. Kisaran 300 bps-56,6 kbps
2. Jenis jaringan komunikasi: ada yang menggunakan line telepon (max 56 kbps),
layanan GPRS pada telepon seluler (>115 kbps), layanan CDMA (115 kbps)
jaringan TV kabel (250 kbps) dan satelit.
3. Besar bandwidth yang disewa oleh ISP ke backbone internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersama

7. Cara mengukur kecepatan akses internet:
Ada beberapa cara untuk mengukur seberapa besar kecepatan akses internet yaitu melalui test kecepatan melalui web, melalui software bandwidth monitor yang diinstal terlebih dahulu pada computer kita. Selain itu, kecepatan akses internet juga bisa diukur melalui web CJY-Net. Dengan menggunakan web ini, kita dapat mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baik untuk akses via modem, leased line, ADSL, cable modem, dll.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet
Banyak orang yang tidak mengetahui seberapa cepat koneksi internetnya, dan apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses internetnya.
Jika komputer anda dirumah atau di tempat anda bekerja terhubung atau terkoneksi dengan internet, berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet anda :
1. Kecepatan yang diberikan / ditawarkan ISP yang anda gunakan.
Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
2. Jenis dari koneksi internet yang anda gunakan
Perlu diketahui bahwa banyak cara agar kita dapat terhubung (terkoneksi) dengan internet, berikut ini adalah beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia secara umum :
• Dial Up : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem biasa
• ADSL : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem ADSL, jenis koneksi ini lebih cepat dari Dial Up
• GPRS : melalui modem Handphone atau mobile modem atau modem GSM atau CDMA, tidak begitu cepat dibandingkan dengan ADSL Modem
• Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP, koneksi ini lebih cepat dari ADSL Modem tergantung dari berapa kecepatan yang diberikan ISP dan kemampuan perangkat wireless anda menangkap sinyal
• dst,,
3. Komputer yang anda gunakan
Komputer yang anda gunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang anda gunakan semakin baik koneksi internet anda.
4. Sistem komputer anda
Sistem pada komputer yang anda gunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, seperti Operating System yang anda gunakan, sistem keamanan pada komputer anda terhadap serangan dari internet seperti trojan, virus, worm, dsb. Perlu diketahui sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.
5. Aplikasi browser yang anda gunakan.
Aplikasi / program / software yang anda gunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. Contohnya : Internet Explorer 8, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lain-lain

Situs pengukur kecepatan akses internet
Saat kita memilih layanan internet atau webhosting, sebaiknya perlu kita tes terlebih dahulu menggunakan alat tes kecepatan internet atau speed test.
Speed test merupakan salah satu alat yang dapat memberitahukan kepada kita kecepatan download dan upload yang dimiliki oleh layanan internet kita dan juga bisa dijadikan barometer untuk memilih server untuk webhosting.
Dengan speed test kita juga bisa mengetahui kecepatan akses internet kita ke berbagai kota, maupun berbagai negara. Ini perlu kita ketahui, terkadang beberapa ISP untuk akses ke server lokal (indonesia) memang cukup bagus, namun tatkala kita ingin mengakses situs-situs di luar negeri terkadang justru sangat banyak kendalanya.
Salah satu situs yang menyediakan speed test di Indonesia adalah Pressku. Ingin mencoba silahkan dicoba di speedtest.pressku.com. Cukup tekan start test, maka alat ini akan memberitahukan kecepatan download dan upload internet kita.
Mengukur kecepatan koneksi internet merupakan hal penting bagi pengguna internet. Selain menguji keandalan penyedia jasa internet, Anda juga dapat menyadari ketika ada yang salah dengan koneksi internet. Meski menghitung kecepatan internet berdasarkan kecepatan pengunduhan mudah dilakukan, perhitungan itu seringkali cacat. Namun, masalah itu bisa diatasi menggunakan perangkat online yang akurat. Berikut daftar lima perangkat online untuk mengecek kecepatan internet.

Speedtest.net
Memiliki banyak pengujian kecepatan server untuk menentukan kecepatan internet. Otomatis terhubung ke server terbaik. Selain itu terdapat opsi pengujian kecepatan mobile untuk tes kecepatan koneksi internet mobile.

BandwidthPlace.com
Antarmukanya mudah digunakan untuk mengukur kecepatan internet. Tampilannya memiliki grafik kecil guna menyediakan berbagai jenis koneksi internet.

Internet Frog
Pengujian alat kecepatan ini disediakan oleh internetfrog.com. Membantu Anda menguji kecepatan pengunduhan dan pengunggahan konten di internet. Pengecekan itu juga memberikan perkiraan berapa lama koneksi internet mengunduh file secara online.

TestMySpeed.com
Selain sebagai alat online untuk mengetes kecepatan internet, Anda juga bisa memberikan beberapa tips dan cara untuk mendapatkan hasil kecepatan internet dengan akurat.

Speakeasy
Alat tes kecepatan ini menyediakan server di delapan lokasi berbeda. Anda pun mudah menentukan server di lokasi yang memiliki koneksi internet tercepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar