Rabu, 27 Maret 2013

Rangkuman T.I.K Bab 1 kelas 9


Bab 1

hey guys! wajib dibaca nih, PENTING! Sharing T.I.K kelas 9 Bab 1 yoo~
Chekidot !!!
 Sejarah Internet

Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadi perang nuklir. Hal ini memulai penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yg dimiliki dalam satu instalasi. Pada tahun 65, dengan bantuan dana dari ARPA, mereka mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Pada tahun 66, Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan. Akhirnya berhasil. Internet yg pd masa itu disebut dengan ARPANET. Pertama kali online tahun 1969 dan menghubungkan beberapa kimputer di universitas di bagian barat daya AS. Tapi perkembangannya masih terbatas pada lembaga tertentu. Tahun 71, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. Untuk jarak jauh dan FTP untuk download. Pada tahun 72 ditemukan @ yg menjadi standar dunia.Pada tahun 73, dimulai pengembangan sebuah protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yg dipimpin oleh Vinton Cerf. Pada tahun 86, internet dipakai secara umum.Pada tahun 81, internet berkembang dengan pesat.. Pada tahun 90, ARPANET ditutup dan berkembang dari 4 jaringan komputer menjadi 300.000 jaringan. Sampai pada akhirnya Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer. Setelah itu internet menjadi berkembang lebih cepat. Jika penduduk dunia sebanyak 6.499.697.060 orang, maka 16,56% penduduk dunia telah terhubung dengan internet. Perkembangan internet di Indonesia juga tak kalah cepat. Menurut eTForcasts jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2005 telah mencapai 18.000.000 orang atau 3,6 lebih besar dari yg diperkirakan.


La yanan – layanan internet :

1. World Wide Web (www)

Aplikasi ini yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. www adalah dokumen2 internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia (HTML).



2. Electronic Mail (E-Mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.










3. Mailing List



Aplikasi ini adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail











4. Newsgroup

Aplikasi ini adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Forum ini membahas topik-topik tertentu.









5. Internet Relay Chat
IRC adalah aplikasi internet yg digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Hal ini dikenal dengan istilah Chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita.








6. File Transfer Protocol
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat. Aplikasi ini sering digunakan untuk mendownload data dari internet.









7. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita memiliki IP address dari komputer yang akan diakses dan harus mempunyai hak atas username dan passwordnya.

8. Gopher
Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Untuk menggunakan, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server.

9. Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di Internet.


• ISTILAH – ISTILAH INTERNET
1. HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuahPenjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language),HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). [1]
a. Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
b. Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML ( Standard Generalized Markup Language ).

2. Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 olehfisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

3. URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.[1]

URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet.[1] URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web.[1] Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum
sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.[1]

4. ISP
Penyedia jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.



5. TCP
Internet protocol suite atau TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack

DAMPAK NEGATIF
1. Cybercrime Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.
• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :

Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.



2. Parnografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan parnografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

3. Violence And Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

4. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

5. Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

6. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

7. Mengurangi sifat sosial manusia
Karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang). Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut parnografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

• DAMPAK POSITIF
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web รข€“ jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

6. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain

• MACAM – MACAM BROWSER
 1. Chrome
. Aplikasi browser ini adalah buatan Google. Meski masih terbilang baru, browser ini disebut-sebut menjadi salah satu browser tercepat yang bahkan dapat mengalahkan Mozilla Firefox. Chrome dirancang secepat mungkin mulai dari desktop, memuat laman web dengan cepat dan menjalankan aplikasi web yang rumit sekalipun dengan cepat .



2. Mozilla Firefox.

Browser ini termasuk aplikasi yang populer karena paling banyak diminati dan dipakai oleh pengguna internet. Mozilla firefox juga menjadi browser default dalam sistem operasi Linux. Salah satu fitur yang mejadi kelebihan Mozilla firefox adalah fitur add-ons yang berisi fitur-fitur penunjang dalam menjelajah dunia internet.





 3. Opera.

Browser ini tidak kalah menarik dengan dua browser yang disebutkan sebelumnya. Fitur-fitur yang dimiliki Opera juga cukup menarik pengguna setianya, seperti misalnya browser pop-up, filter URL, turbo mode dan http cookies.








 4. Internet Explorer
. Browser ini adalah browser yang paling banyak dikenal dan sangat familiar karena merupakan default browser pada sistem operasi windows. Sering disebut dengan singkatan IE.










 5. Flock
. Browser ini merupakan browser pertama yang berbasis pada Firefox dan memiliki fitur-fitur menarik bagi pengguna jejaring sosial seperti friendster, mySpace, Facebook, Twitter dan sebagainya. Flock sesuai untuk semua sistem operasi dan berjalan dengan kecepatan yang cepat dan efisien.








 6. Safari

. Browser ini adalah browser default dari sistem operasi macintosh, tetapi Safari juga tersedia untuk sistem operasi windows. Bila tidak terbiasa menggunakan sistem operasi machintos, maka Anda akan mengalami kebingungan dan melakukan kesalahan klik bila menggunakan browser ini.









7. Maxthon.
 Browser ini merupakan browser buatan Cina yang memungkinkan Anda untuk meng-customize tampilannya seperti menu, ikon, toolbar dan skin.










8. Lunascape.

Browser ini merupakan browser dengan tiga mesin yang artinya menggunakan kombinasi dari IE, Chrome dan Mozilla Firefox. Lunascape dapat berjalan di sistem operasi windows.


 9. Swift
. Browser Swift memiliki fitur yang mirip dengan Flock, yaitu browser yang berbasis pada komunitas dan mengutamakan integrasi dengan email, chat dan jejaring sosial.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar